Halaman

welcome to my blog

Kamis, 10 November 2011

Super Junior Kuasai Penjualan Album 2011

Super Junior Kuasai Penjualan Album 2011 
Kamis, 10 November 2011
Hanteo adalah salah situs penjualan populer yang memantau grafik penjualan album fisik bagi idola di Korea Selatan. Dan tidak berlebihan jika chart ini menjadi salah satu yang diperhitungkan dalam ajang bergengsi tahunan Golden Disk Award. Dan mereka kali ini merilis peringkat untuk Singer Awards 2011.
Singer Awards sendiri adalah penilaian untuk para idola yang berhasil meraih penjualan album tertinggi selama setahun terakhir. Dan boyband pemimpin Korean Wave di dunia sebagai boyband Korea paling populer, Super Junior menduduki peringkat pertama Hanteo Charts dengan penjualan 322.000 album terjual.
Boyband yang baru memenangi Worldwide Act di MTV EMA 2011, Big Bang mengikuti di posisi kedua dengan 217.000 album, lalu TVXQ di posisi ketiga dengan 201.000. Posisi keempat diraih penyanyi solo yang juga leader boyband SS501, Kim Hyun Joong dengan 200.000 album. Sementara boyband pecahan TVXQ, yakni JYJ di posisi kelima dengan 158.000.
Seperti yang diharapkan, idol grup yang mendominasi penjualan tahun ini, adalah mereka yang dikenal memiliki basis penggemar yang begitu besar dan sangat mendukung. Selain keempat di antaranya adalah boyband, Hyun Joong masuk sebagai kapasitasnya sebagai penyanyi solo pria papan atas Korea.
Chart ini akan terus diperbaharui sampai akhir tahun 2011. Namun dengan kurang dari dua bulan yang tersisa, beberapa orang memprediksi bahwa cukup sulit untuk berubah. Kecuali TVXQ dan Kim Hyun Joong yang akan saling susul-menyusul.

Dramatis! MV 15 Menit T-Ara, 'Cry Cry'

Dramatis! MV 15 Menit T-Ara, 'Cry Cry'

Kamis, 10 November 2011
Menggebrak dan berbeda dari beberapa konsep MV yang seringkali muncul di industri musik Korea Selatan, girlband T-Ara berhasil masuk di antara persaingan dengan sebuah MV penuh drama yang memecahkan rekor dari MV sebelumnya, yakni durasi total 15 menit 49 detik.
Setelah mengesankan publik dengan MV mini-drama mereka yakni Roly Poly sepanjang 10 menit pada awal musim panas lalu. Kali ini T-Ara kembali dengan MV yang begitu dramatis berjudul Cry Cry.
Seperti yang dilansir allkpop.com, sebelumnya para penggemar sudah dibuat antusias dengan teaser MV yang begitu dramatis dan menampilkan cerita seluruh member dalam pertempuran dengan senjata.
Jadi tunggu apa lagi? Ayo kita simak MV terbaru T-Ara, Cry Cry.

Mengapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Kurang Berkembang?

Saya telah diajar/belajar bahasa Inggris sejak SMP (atau mungkin sejak TK), tapi mengapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Kurang Berkembang? What’s wrong with me? Pertanyaan ini mungkin sering menggerogoti fikiran anda karena bahasa Inggris anda masih mentok di situ dan tidak kunjung meningkat. Jika memang demikian adanya, anda semestinya perlu bersyukur karena dengan adanya pertanyaan seperti itu, di dada anda masih ada gelora untuk bisa. You just keep on trying! Walaupun bahasa Inggris memang kompleks (i.e. karena vocab yang banyak, pronunciation yang tidak konsinten, banyak perkecualian, etc.) but jika orang lain bisa kenapa anda tidak? Yang perlu dicaritahu sekarang adalah apa yang salah; apakah metodenya, tingkat keseriusan, ataukah mungkin karena alasan lainnya? Setelah diketahui penyebabnya, barulah kemudian dicari solusinya.

4 Penyebab Kemampuan Bahasa Inggris Sulit Meningkat

Menurut hemat saya, penyebab utama kenapa kemampuan berbahasa Inggris kita sulit meningkat hanya ada 4.
1. Kebiasaan berbahasa Indonesia yang (maaf) jelek.
Kalau kita ngomong atau nulis, pada umumnya kita suka muter-muter (not to the point) dan tidak terstruktur, sehingga sering kita tidak tahu mana main subject, main verb, dan seterusnya. Lho, apa hubungannya dengan bahasa Inggris? Jawabannya ada di poin berikut!
2. Karena kita menggunakan lebih dari satu partisi.
Ketika berbahasa Inggris, baik via speaking maupun writing, kita umumnya mempartisi otak kita menjadi 2, yaitu partisi A untuk bahasa Indonesia dan partisi B untuk bahasa Inggris. Pertama-tama kalimat dibuat dulu di partisi A, baru kemudian diekspor dan ditranslate di partisi B sebelum akhirnya diekspresikan lewat speaking or writing. Efeknya adalah pola atau grammar yang sudah susah-payah dipelajari sejak SMP menjadi terlupakan karena partisi B terlalu sibuk mentraslate kata demi kata yang dibuat di partisi A. Dan, karena kalimat bahasa Indonesianya muter-muter dan tidak terstruktur, partisi B menjadi tambah pusing dalam melakukan translasi. Akibatnya, partisi B sering hang (macet) dan no output yang dihasilkan. Kalau pun partisi B menghasilkan output, output tersebut umumnya masih jauh di bawah standar, alias bahasa Inggris yang jelek. Selain itu, lawan bicara biasanya sudah tertidur dimakan nyamuk karena kelamaan nunggu.
3. Motivasi yang tidak konsisten. Bagi pelajar, motivasi untuk belajar bahasa Inggris pada umumnya hanya karena ingin mendapat nilai bagus. Artinya, bahasa Inggris hanya dipelajari waktu mau ujian, dan setelah ujian selesai bukunya sudah mengendap entah dimana.
4. Metode belajar bahasa Inggris yang kurang tepat. Jika hanya mengandalkan daya hafal, your English will not get better.

Lantas apa solusinya?

Gunakan partisi B saja dan lupakan partisi A.
Dengan menggunakan satu partisi, grammar anda tidak akan terkontaminasi oleh struktur bahasa Indonesia anda yang jelek (jika misalnya memang jelek) dan komunikasi akan menjadi lebih lancar karena berkurangnya birokrasi di dalam otak anda. Dengan bermodalkan struktur bahasa dan vocabs yang telah dipelajari sejak SMP sebenarnya kita sudah dapat berkomunikasi dengan santai. Believe or not? Kalau tidak percaya, silakan buat list dulu! Kelompokkan words yang sudah anda tahu ke dalam nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjunctions, prepositions, dan articles, kemudian total. Saya yakin vocabs anda sudah jauh di atas 1000. And you know what? Dengan menguasai 1000 words saja, kita sebenarnya sudah dapat komunikasi dengan lancar, baik di sekolah, di rumah, di mall, di bar, atau bahkan di dalam mimpi. Dengan catatan, jika anda merasa menemui jalan buntu, revisi saja kalimatnya dengan menggunakan words yang lain. Ingat, ketika komunikasi dalam bahasa inggrisjust use what you’ve got dan lupakan bahasa Indonesia. Anda akan rasakan bedanya.
Keep your motivation steadily high.
Dengan motivasi yang tinggi, anda akan merasa enjoy (tidak merasa terpaksa) untuk menghabiskan waktu berjam-jam membaca atau menghafal grammar, membuka dictionary, dan praktek bahasa inggris. Jika anda cepat merasa bosan, itu berarti motivasi anda belum cukup tinggi. Kalau saya dulu, sekedar contoh, motivasi itu tinggi karena saya sangat ingin sekolah gratis di luar negeri. Lalu, apa motivasi anda belajar bahasa Inggris?
Karena bahasa Inggris sangat kompleks, tentu saja butuh waktu untuk mempelajarinya. Banyak teman kita menyerah di tengah jalan karena kurang sabaran, karena terlalu ingin tiba di garis finish dalam waktu yang singkat. Saran saya, don’t be too ambitious to touch the finish line in a very short time! Hal ini selain akan membuat fondasi grammar anda tidak kokoh, juga dapat mematahkan motivasi anda. Rileks saja, sooner or later you will get there.
Use good learning media that fit you.
Media belajar yang tepat tergantung pada karakter dan lifestyle seseorang. Media yang tepat untuk orang lain belum tentu tepat untuk anda, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah beberapa saran saya dalam memilih dan memanfaatkan media yang ada:
1. Jangan gunakan kamus yang hanya berisikan arti kata saja (i.e. can = dapat, month = bulan, plough = membajak, etc). Why? Karena kalimat-kalimat yang anda buat biasanya salah. Coba perhatikan ke-3 contoh kalimat berikut, yang salahnya kemungkinan besar akibat dari penggunaan kamus seperti itu:
  • You must can (Kamu harus bisa)
  • The month goes round the earth (Bulan mengitari bumi)
  • Three people ploughed the airplane (Tiga orang membajak pesawat itu).
2. Jika anda suka dengarkan lagu-lagu barat then keep doing so, dan jika anda tidak dapat nangkap lirycs-nya, silakan cari di internet. Berikut adalah manfaat dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris:
  • Dapat meningkatkan listening skill anda.
  • Dapat mengetahui how a certain word is pronounced.
  • Dapat membantu membangun vocabs anda karena kata-kata di dalam lagu lebih lama melengket di dalam memori anda, apalagi lagu-lagu tersebut bertemakan love.
  • Dapat membantu mengingat pola-pola kalimat tertetu. Misalnya, dari lagunya the Corrs berjudul “What can I do” dapat kita jadikan acuan tentang penggunaan modal candalam kalimat tanya.
    Dan pola apa yang anda dapatkan dari lagu “It Must’ve Been Love” oleh Roxette berikut ini?
  • Ketika anda bersenandung kecil di kamar mandi, anda sesungguhnya sedang practice speaking, membentuk pola, etc.
3. Jika anda suka nonton DVD, then watch DVD movies. Sub-title dari DVD movies tersebut akan membantu anda memahami bagaimana kata-kata tertentu dilafalkan. Pilihlah movies yang paling bagus menurut anda sehingga anda tidak merasa bosan untuk mutarnya lagi.
4. Gunakan fasilitas chatting, email, or whatever that uses English.

16 Tensis dalam Bahasa Inggris

Pengungkapan suatu kejadian/aktivitas atau fakta baik melalui tulisan (writing) maupun percakapan (speaking) pada umumnya mengikuti pola sebagai berikut:
Subject + Verb/Predicate + Object + Modifier
Dalam bahasa Inggris, pengungkapan kejadian/aktivitas atau fakta tersebut selalu berpatokan pada tensis. Dengan tensis, pembaca atau lawan bicara akan mengetahui kapan kejadian/aktivitas atau fakta tersebut terjadi; Apakah sedang berlangsung pada saat sekarang (present continuous tense), apakah terjadi di masa lampau (past tense), apakah sedang berlangsung di masa lampau (past continuous tense), apakah akan terjadi di masa yang akan datang (future tense), dan seterusnya.
Di sini, kita akan mendiskusikan 16 tensis (& aspek) dalam bahasa Inggris, yaitu:
  1. Simple present tense
  2. Present continuous tense
  3. Simple past tense
  4. Past continuous tense
  5. Present perfect tense
  6. Present perfect continuous tense
  7. Past perfect tense
  8. Past perfect continuous tense
  9. Simple future tense
  10. Future continuous tense
  11. Future perfect tense
  12. Future perfect continuous tense
  13. Past future tense
  14. Past future continuous tense
  15. Past future perfect tense
  16. Past future perfect continuous tense
Pada tabel di bawah secara berturut-turut diberikan contoh untuk tiap-tiap tensis. Perhatikan perubahan verb atau verb phrase seiring dengan berubahnya keterangan waktu.
Subject
Verb/Predicate
Object
Modifier
1
We
study
English
everyday.
2
We
are studying
English
now.
3
We
studied
English
last night.
4
We
were studying
English
when she came last night.
5
We
have studied
English
for 3 hours.
6
We
have been studying
English
for 3 hours.
7
We
had studied
English
for 3 hours when she came last night.
8
We
had been studying
English
for 3 hours when she came last night.
9
We
will study
English
tomorrow.
10
We
will be studying
English
when she comes tomorrow.
11
We
will have studied
English
for 3 hours when she comes tomorrow.
12
We
will have been studying
English
for 3 hours when she comes tomorrow.
13
We
would study
English
when she came last night.
14
We
would be studying
English
when she came last night.
15
We
would have studied
English
for 3 hours when she came last night.
16
We
would have been studying
English
for 3 hours when she came last nigh